8 Agu 2012


UNIVERSIDADE DILI (UNDIL)
FAKULDADE SIENCIA POLITIKA 
"Relasaun Internacional"
 
KONTRAK PEMBELAJARAN

Nama Mata Kuliah                  : Metodologi Penelitian
Pengajar                                  : Crispin da Costa Perreira.,M.Si
Semester/Kelas                        : 4
Hari Pertemuan/ Jam               : Senin dan Rabu/08.00-10.00 no 12.30 (Klas Extension)
Blog                                        : Maofi Kontinua Buka Hatene
e-mail                                      : maofi09@yahoo.com

Tujuan perkuliahan 
Perkuliahan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan awal dalam melakukan penelitian kualitatif. Oleh karena itu pada level substansi (content) materi, terdapat 2 (dua) bidang penguasaan oleh mahasiswa, yaitu: (1) pengetahuan teoretik awal mengenai konsep dasar penelitian kualitatif, beberapa paradigma yang digunakan dalam penelitian kualitatif, jenis/model penelitian kualitatif, metode memperoleh data, analisis data dan penulisan laporan penelitian dan (2) kemampuan awal dalam menyusun proposal penelitian kualitatif.
Pada level perangkat berpikir, diharapkan mahasiswa dapat mempertajam daya kritisnya dalam melihat realitas sosio-kultural berkaitan dengan bidang kajian kurikulum dan teknologi pendidikan. Selain itu juga diharapkan dapat terbangun kesadaran kritisnya dalam bahwa pengembangan pengetahuan melalui penelitian kualitatif sudah seharusnya diarahkan ke arah upaya mengatasi masalah sosio-kultural (ketidakadilan, eksploitasi, pembodohan) dan transformasi sosial.
Substansi perkuliahan 
Substansi atau content pengetahuan yang dibahas dalam perkuliahan ini terdiri dari beberapa bagian yang mengacu pada tujuan perkuliahan sebagaimana dikemukakan di depan, secara ringkas dapat juga dilihat pada jadwal perkuliahan di bawah ini.
Jadwal perkuliahan 
Jadwal perkuliahan ini disusun untuk dilaksanakan maksimal sebanyak 14 (empat belas) kali pertemuan perkuliahan, dengan acuan sebagai berikut.
  1. Membahas sekilas tujuan perkuliahan dan materi yang akan dipelajari bersama, melakukan negosiasi materi, metode perkuliahan dan penilaian antara dosen dan mahasiswa (kontrak belajar), dan memberikan referensi dasar yang akan digunakan dalam perkuliahan. (tujuan penelitian, membangun pengetahuan dan menyelesaikan masalah)
  2. Perbandingan perbedaan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dilihat dari paradigma yang mendasarinya, yakni antara positivistik vs post-positivistik (fenomenologi, hermeneutika, teori kritis, feminis, posmodern, postcolonial studies). Membahas paradigma pengetahuan dan epistemologi: “standar” kebenaran pengetahuan (cara pandang/paradigma), standar metode mencapai kebenaran menurut cara pandang positivistik dan post-positivistik.
  3. Etnografi dan Grounded Research. Membahas konsep dasar riset etnografi dan paradigma grounded research dalam membangun pengetahuan dan teori sosial, menganalisis karakteristik, orientasi, prinsip-prinsip, cara pandang terhadap subjek riset, metodologi dan penulisan. Bahan diskusi yang dibahas adalah meneliti tentang kondisi sosio-kultural pada sebuah sekolah, ruang kelas, misal risetnya Hairus Salim H.S. dkk yang diterbitkan dengan judul Politik Ruang Publik Sekolah (CRCS-UGM).
  4. Critical Discourse Analysis (CDA). Membahas konsep dasar CDA, cara pandang dan karakteristik CDA terhadap “teks”, prinsip-prinsip, metodologi melakukan CDA dan penulisannya. Bahan diskusinya adalah meneliti substansi (content) sebuah produk media pembelajaran, misalnya program “Ranking 1” di salah satu televisi swasta, buku ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), website pembelajaran tertentu.
  5. Classroom Action Research (CAR). Membahas konsep dasar CAR, sejarah dan cara pandang CAR yang dimulai dari gerakan guru sebagai peneliti dan Participatory Action Research (PAR). Kemudian dibahas karakteristik, prinsip-prinsip dasar, metodologi (siklus CAR) dan penulisan CAR. Bahan yang dibahas adalah (a) meneliti penggunaan metode dialogis dan partisipatoris dalam pembelajaran; (b) meneliti penggunaan media weblog dalam pembelajaran.
  6. Research & Development (R & D). Membahas konsep dasar CAR, jejak historis, cara pandang R & D terhadap penelitian, metodologi pelaksanaan R & D, dan penulisan hasil R & D. Bahan yang dibahas adalah produksi dan pengembangan CD pembelajaran, film edukatif, web edukatif, metode pembelajaran kolaboratif, partisipatif, emansipatoris dan lainnya.
  7. Metode pengambilan data, analisis data, pengambilan kesimpulan dan pelaporan penelitian. Mengulas kembali secara lebih mendalam cara menentukan subjek penelitian (bukan dalam logika populasi-sampel) dan durasi penelitian, juga membahas metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang telah diulas sekilas pada tiap pendekatan penelitian di depan. Termasuk juga mengenalkan triangulasi sebagai konsep pengecekan dan penguatan keabsahan data. Di akhir pertemuan mahasiswa diberi tugas untuk mereviu salah satu tulisan hasil penelitian bertema kurikulum dan teknologi pendidikan di jurnal yang berpendekatan kualitatif, dianalisis terutama pendekatan metodologisnya (tugas individual).
  8. Mid Semester. Melakukan evaluasi terhadap hasil tugas analisis jurnal yang telah dikerjakan oleh mahasiswa.
  9. Sistematika proposal penelitian kualitatif. Membahas sistematika penulisan proposal riset kualitatif, dari latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, acuan teori, metodologi, jadwal dan referensi. Bahasan ini juga ditujukan agar dapat mengasah kejelian dalam menemukenali masalah penelitian sampai pada identifikasi tujuan, luaran, acuan teoretik dan metodologi yang akan digunakannya. (terutama mengenai bagaimana memulai meneliti).
  10. (Praktek Penelitian) Bidang penelitian dalam bidang kajian. Di akhir pertemuan, mahasiswa diberi penugasan untuk menyusun proposal penelitian kualitatif (tugas kelompok/kolektif).
  11. Presentasi kelompok.
  12. Presentasi kelompok.
  13. Presentasi kelompok.
  14. Presentasi kelompok.
  15. Mahasiswa mengumpulkan kembali proposal penelitian yang telah dibahas bersama di kelas. Dilakukan interview (uji lisan kelompok dan individual) untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap substansi proposal tersebut sekaligus upaya reduksi plagiat.
  16. Evaluasi Akhir Semester. Melanjutkan interview pada pertemuan sebelumnya untuk mengetahui tingkat penguasaan mahasiswa terhadap substansi proposal dan sekaligus upaya mereduksi plagiat.
3. Pendekatan Pembelajaran:
Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas/resitasi, bedah kasus/review jurnal
Tugas : makalah, penyajian, diskusi
Media : OHP, LCD, Projetor

5. Evaluasi
·         Proposal
Penyajian dan diskusi
UTS
UAS

KRITERIA PENILAIAN
1)      Komponen Total Ujian Tengah Semester (UTS)              : 25%
·   UTS murni        : 50%
·   Kuis                 : 50%
2)      Komponen Total Ujian Akhir Semester (UAS)                : 35%
·   UAS murni      : 50%
·   Kuis                 : 50%
3)      Penulisan Proposal Penelitian                                            : 40%


Evaluasi Nilai Akhir : Nilai akhir diolah dengan menggunakan sistem SAT (Sistem Administrasi Terpadu), dengan penilaian sistem PAP. Range nilai akhir dengan angka mutu sbb:
85-100       : A
70- 80        : B
55-69         : C
41-55         : D
<41            : E



Tidak ada komentar: